Tips menghindari tagihan air yang tinggi

Berikut ini Tips yang mungkin bisa dijadikan dasar untuk menghindari tagihan air yang tinggi :

  1. Gunakan air saat diperlukan saja
  2. Tutup semua kran air yang ada, baik didalam rumah maupun diluar bila tidak digunakan atau akan meninggalkan rumah.
  3. Lakukan pengecekan angka meter setiap harinya.
  4. Lakukan pengecekan Instalasi Rumah (dikhawatirkan ada kebocoran Instalasi).

Untuk Pengecekan angka meter, pelanggan harus melihat angka meter yang (berwarna hitam), langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut :

  1. Lakukan pengecekan angka meter saat ini, catat/tulis menunjukkan angka berapa dan pada jam berapa…
  2. Lakukan pengecekan kembali besok harinya pada jam yang sama lalu catat/tulis menunjukkan angka berapa
  3. Kemudian lakukan pengurangan dari angka tersebut, maka akan didapatkan jumlah rata-rata pemakaian air dalam 1 hari.
  4. Selanjutnya lakukan 3 poin diatas setiap harinya agar pemakaian air pelanggan dapat terkontrol.

WM

 

 

Pengecekan Instalasi/Pipa air di Rumah

Pipa air yang bocor dapat meningkatkan konsumsi penggunaan air bersih. Tagihan Air pun bisa melonjak. Sesekali, coba cek adakah kebocoran pada pipa instalasi air bersih di rumah.

Bocor dapat terjadi pada pipa instalasi air bersih kapan saja. Entah itu karena pipa pecah  atau karena sambungan mulai tak rapat lagi. Kondisi ini tentu dapat membuat air bersih terbuang percuma, sehingga penggunaan air jadi boros, dan tagihan penggunaan air pun meningkat. Pengunaan Pipa Air kualitas rendah, Banyak sambungan pada saat Pemipaan, dan Kualitas lem pipa yang tak bisa tahan lama adalah penyebab utama kebocoran ini. Apalagi jika pemipaan dimaksudkan untuk menyalurkan ke bangunan bertingkat akan memberikan tekanan terutama pada sambungan dan lem pipa ini.

Untuk mengetahui adakah kebocoran pada instalasi/pipa air, lakukan proses sebagai berikut:

  • Tutup seluruh kran air setelah meter air, kemudian amati meteran air. Jika indikator penunjuk aliran air (meter air) masih terus berputar, maka bisa dipastikan ada kebocoran pada instalasi/pipa air.

Bocor pada kran dan kloset lebih mudah diketahui, karena kasat mata. Yang agak sulit adalah mencari titik kebocoran pada instalasi/pipa air. Mencari titik bocor pada pipa lebih mudah dilakukan jika pipa instalasi disalurkan lewat bagian atap rumah dan dinding. Titik-titik lembap pada dinding atau atap patut dicurigai. Perbaikan pun bisa segera dilakukan.

Lain halnya jika, pipa instalasi ditanam pada bagian dasar atau di bawah lantai. Kondisi ini menyulitkan kita mencari titik yang bocor. Rembesan air tidak akan nampak pada lantai, karena air langsung merembes ke dalam tanah. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya buatlah instalasi air bersih yang baru melalui bagian atap dan dinding rumah. Langkah ini lebih mudah, murah, dan cepat dibandingkan jika harus membongkar lantai.

 

Semoga bermanfaat…!!!

 

 

Kembali