Ini Tanda-tanda Kebocoran Instalasi Meteran Air Anda..!!

Saat tagihan air melonjak cukup signifikan, sementara pelanggan merasa menggunakan air dengan hemat atau tetap seperti biasa, ada kemungkinan terjadi kebocoran air pada pipa jaringan dalam pelanggan. Pipa jaringan dalam merupakan pipa pelanggan yang terpasang setelah meter air ATS.

Air yang mengalir akibat kebocoran pipa jaringan dalam, sepenuhnya akan dibebankan kepada pelanggan. Meski air terbuang percuma karena bocor,

Oleh karena itu, untuk menghindari tagihan tinggi akibat kebocoran jaringan dalam, pelanggan secara berkala diharapkan mengecek meter airnya. Sehingga, bila ada kebocoran yang tidak dapat terdeteksi karena air merembes di dalam lantai yang berkeramik, tetap bisa diketahui secepatnya.

Cara untuk mengecek apakah ada kebocoran pada pipa jaringan dalam sangatlah mudah. Pada langkah awal, pelanggan hanya perlu memastikan seluruh keran yang ada di dalam rumah atau bangunan sudah tertutup rapat, kemudian pastikan bahwa meter air dalam keadaan on. apabila seluruh keran sudah ditutup rapat, namun jarum meter air masih berputar, ada kemungkinan terjadi kebocoran jaringan dalam. Bila terjadi kebocoran jaringan dalam, segera tutup valve setelah meter air atau segera perbaiki agar air yang mengalir ke pipa jaringan dalam bisa dihentikan dan pelanggan tidak dibebankan biaya akibat kebocoran air.